ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Pelatihan Eco Enzyme oleh PT IMIP di Kecamatan Bahodopi. 

MOROWALI- Peduli terhadap lingkungan, selama tiga hari, 20-22 Januari 2024,  PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menggelar pelatihan pengolahan sampah organik menjadi Eco Enzyme (cairan serba guna hasil fermentasi selama minimal 90 hari) kepada 100-an warga dan perwakilan tenant. 


Kegiatan program pemberdayaan masyarakat 2024 dengan tema "Eco Enzyme Selamatkan Bumi" itu, berlangsung di lahan Sidaya PT IMIP Desa Labota dan Lele, Kecamatan Bahodopi.


Staf Departemen Environmental PT IMIP selaku penyelenggara, Yunisan Try Harto Gultom, mengutarakan, materi edukasi Eco Enzyme yang diberikan terhadap warga meliputi; aplikasi Eco Enzyme, pemurnian lingkungan, pertanian, perkembangan masyarakat berkeseinambungan, dan gambaran perkembangan serta solusi pelestarian lingkungan. 


"Eco Enzyme diolah dari sampah organik dengan bahan baku kulit buah naga, apel, pepaya, jeruk, dan buah lainnya. Sampah organik diolah dengan cara difermentasi selama 3 bulan hingga menjadi produk Eco Enzyme," tutur Yunisan Try Harto Gultom, Senin (21/1/2024). 


Pelatihan ini menghadirkan pemateri berkompeten, yaitu dokter Joen Oon asal Malaysia sekaligus penggiat Eco Enzyme internasional, kemudian ada Lyu Ming, wanita asal Tiongkok yang berpengalaman di bidang pertanian.


Produk Eco Enzyme memiliki banyak manfaat, seperti menyembuhkan demam dan sakit kepala, untuk pertanian dapat menggemburkan tanah sehingga tanaman menjadi subur dan produksinya meningkat. Semenrara dr Joean Oon menjelaskan, Eco Enzyme terbuat dari bahan-bahan organik yaitu sayur dan buah dicampur gula merah dan difermentasi 3 bulan, Eco Enzyme jauh lebih aman dibanding produk berbahan kimia. Semua buah bisa digunakan, namun buah dengan kulit yang keras seperti kelapa, durian, dan buah berlemak semisal alpokat jauh lebih bagus. 


"Fungsi lain Eco Enzyme bisa memurnikan air, menyuburkan tanaman, serta mengobati penyakit, Eco Enzyme bakteri baik dan tidak akan pernah mati untuk terus bekerja, air yang berubah warna dan berbau dapat dijernihkan dengan Eco Enzyme, produk ini juga dapat membunuh bakteri di sungai dan danau secara bertahap," kuncinya. (UCI/FID)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top