ads

Pemkab Morowali

Pemkab Morowali
Ucapan Hari Raya Imlek 2024

PERUMDA TIRTA MANGKALUKU PALOPO

PERUMDA TIRTA MANGKALUKU PALOPO
Ucapan Isra Miraj

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Nurdin SH.

IMAM Syafi'i mengatakan, bahwa "Menuntut ilmu itu ada 3 tahapan semakin banyak ilmu, maka kita akan naik ke tahap selanjutnya. Pertama, kita merasa memiliki banyak ilmu, kedua merasa sedikit ilmu, dan ketiga kita merasa tak mengetahui apapun".


Tahapan yang sering dihadapi mahasiswa adalah merasa lebih karena ilmunya. Dia merasa lebih baik dari yang tidak kuliah. Karena nilai IPK-nya tinggi, dia merasa lebih hebat dari teman-temannya. Lalu, solusinya bagaimana? Adalah rendah hati. 


Orang yang memiliki karakter rendah hati, maka akan mudah menghargai orang lain. Mudah mengapresiasi karya teman. Dia selalu sadar akan kekurangannya dan mengakui kelebihan orang lain serta senantiasa merasa orang lain, lebih baik dari dirinya.


Awal memasuki lingkungan kampus. Kebiasaan yang sering didengung-dengungkan oleh beberapa senior saya adalah membaca, berdiskusi dan menulis. Namun sayangnya, ketiga kebiasaan ini sangat kurang dijalankan oleh mahasiswa.


Jangankan berdiskusi dan menulis, kebiasaan membaca saja masih sangat minim dimiliki para mahasiswa. Bahkan, seorang aktivis yang aktif di kegiatan mahasiswa, tak banyak yang memiliki minat baca. Padahal sejatinya untuk menjadi seorang aktivis yang handal harus banyak membaca.


Itulah mengapa Allah SWT menurunkan ayat yang pertama "Iqra" (bacalah) sebab rupanya dengan membaca tiga atau empat buku, jauh lebih baik ketimbang hanya membaca satu buah buku, demikian seterusnya. Yang menyedihkan, apabila tidak memiliki buku. Lalu, apa yang Anda mau baca? 


Maka dari itu, karena di pundak mahasiswa-lah harapan kita agar bangsa ini lebih baik di masa yang akan datang sebagaimana apa yang disematkan kepadanya "agent of change". Mahasiswa diharapkan benar-benar dapat bermanfaat pasca kampus. 


Bermanfaat itu antara lain diungkapkan Fahruddin Faiz "Orang bermanfaat itu seperti Socrates, dia merasa tidak tahu dan kalau diajak bicara bukan dia memberitahu kebenaran tapi yang diajak bicara ketemu kebenaran dengan sendirinya".


Untuk itu, membiasakan membaca, berdiskusi dan menulis adalah merupakan suatu keharusan bagi seorang mahasiswa agar target membahagiakan kedua orang tua dan masyarakat di sekitarnya dapat tercapai. Bukan sibuk dengan hal-hal lain seperti bermain sosial media, game dan nongkrong tidak jelas. (****)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top