ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Raker Komisi II DPRD dengan Dinas PUPR Kota Palopo. 

PALOPO- Di hadapan anggota Komisi II DPRD Kota Palopo, Kamis (11/1/2024) kemarin, Kadis PUPR, Harianto ST, akhirnya buka-bukaan soal besaran utang belanja yang ditimbulkan oleh menyeberangnya sejumlah kegiatan fisik. 


Ketua Komisi II, Cendrana Saputra Martani yang ditemui, Jumat (12/1/2024), menyebut pihaknya telah menggelar rapat kerja (raker) dengan Dinas PUPR serta Dinas LH. 


Sementara itu, menjawab pertanyaan anggota komisi dua, HA Herman Wahidin saat raker kemarin, Kadis PUPR, Harianto yang juga mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Palopo itu menerangkan, utang belanja Dinas PUPR di 2024 tersebar di tiga bidang yakni PSDA, Bina Marga, dan Cipta Karya.


"Utang belanja Bidang Cipta Karya senilai Rp76,5 miliar (ini sudah mencakup 3 proyek multi years: Menara Kuliner, Arena Road Race, dan Revitalisasi Islamic Center, red), termasuk revitalisasi Stadion Lagaligo, rehab Gedung Kesenian, serta kolam renang Swimbat, sementara utang belanja pada Bidang Bina Marga jumlahnya Rp36,5 miliar yang terdiri beberapa item pengaspalan, sedang utang belanja Bidang PSDA mencapai Rp6,9 miliar," papar Harianto.


Diungkapkan Harianto bahwa, kegiatan tersebut sebenarnya layak dibayar, bahkan Dinas PUPR telah membuatkan administrasi berupa Surat Perintah Membayar (SPM) ke DPKAD, hanya saja SP2D-nya ketika itu belum diterbitkan. Nah, pihaknya usul agar utang belanja itu dibayar secara parsial.


Adapun program PSDA di 2024, antara lain pembangunan talud dan normalisasi sungai Rp30 miliar yang terdiri dari 8 paket, program Bina Marga tahun ini, pengaspalan DAU Rp4 miliar, DBH Sawit dengan total Rp4,3 miliar, dan DAK sebanyak satu paket pengaspalan  Rp8,6 miliar. "DAU pengaspalan kita turun drastis tahun ini, pada 2023 lalu DAU Palopo untuk pengaspalan mencapai Rp50 miliar," ungkap Harianto.


Terkait pengaspalan, Ketua Komisi II, Cendrana Saputra Martani berpesan agar ruas Perumahan Surutanga Residence mendapat prioritas untuk diaspal, hal ini merujuk aspirasi yang masuk dari warga setempat. Hadir mendampinginKadis PUPR antara lain, sekretaris dinas, Ibnu Rus ST, Kabid Bina Marga, Yulianus ST, Kabid Jasa Konstruksi, Hasyim Basri ST, dan Karim ST, mewakili Kabid Alat Berat, serta Jaya, dari bagian keuangan Dinas PUPR. (MUSAKKAR DJABAL TIRA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top