ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Acara pengecoran perdana Jembatan Lekkopini di Kecamatan Bajo Barat, yang dihadiri langsung Bupati Luwu, H Basmin Mattayang. 

BELOPA- Atas perhatian Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang MPd, Jembatan Lekkopini, di Kecamatan Bajo Barat, akhirnya resmi dibangun. Hal tersebut ditandai digelarnya peletakan batu pertama oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang, sekaligus pengecoran secara simbolis, Minggu (16/10/2022). Kegiatan tersebut, dihadiri Presiden Direktur PT Masmindo Dwi Area (MDA), Abidin Daeng Patompo, yang juga Ketua KADIN Pusat.


Camat Bajo Barat, Hj Rahmatiah S.Sos MSi, menyampaikan masyarakat di wilayahnya sangat bersyukur atas dibangunnya Jembatan Lekkopini yang baru dengan konstruksi kokoh dan kuat. Ia mengatakan, warga Bajo Barat sudah sangat lama mengimpikan pembangunan Jembatan Lekkopini. Selain membantu memperlancar arus transportasi, kehadiran jembatan itu sangat mendukung geliat perekonomian masyarakat. Untuk itu, warga dan pihaknya berterimakasih ke Bupati Luwu, Basmin Mattayang yang telah memprioritaskan pembangunan Jembatan Lekkopini.


Kadis PUPR Luwu, Ir Ikhsan Asaad ST MT, secara detail menjelaskan struktur Jembatan Lekkopini yang dibangun ini memiliki bentangan panjang 30 meter dengan lebar 7 meter. Konstruksi jembatan memakai rangka baja berat dan didukung abutmen menggunakan mutu beton K-400. Nantinya, Jembatan Lekkopini diharapkan menjadi pilot project yang dibangun secara on the right track. Diuraikan Ikhsan Asaad, ada dua alasan Jembatan Lekkopini dapat menjadi percontohan. "Pertama dari segi struktur sangat kuat, dan yang kedua jenis kontrak yang diterapkan boleh dikata baru pertama diterapkan di daerah," jelasnya.


Sedang, Bupati Luwu, Basmin Mattayang dalam sambutannya menerangkan kalau sebenarnya Pemkab Luwu sudah berencana membangun Jembatan Lekkopini di 2020 lalu, namun karena adanya pandemi Covid sehingga tertunda. Akan tetapi, penundaan itu membawa hikmah tersendiri. Di mana, PT MDA hadir menawarkan kerja sama. PT MDA siap berkomitmen bahwa mereka bersedia membiayai infrastruktur yang dilalui aktivitas operasional perusahaan. Selain Jembatan Lekkopini ini, tutur Basmin Mattayang, ada beberapa pembangunan ruas jalan yang bakal dikerjasamakan Pemda Luwu dan PT MDA. 


Basmin Mattayang mengajak semua elemen masyarakat, mengawal secara bersama proses pelaksanaan pembangunan Jembatan Lekkopini. Untuk diketahui, pembangunan Jembatan Lekkopini akan menyerap anggaran sebesar Rp8,1 miliar. Kegiatan tersebut, ditangani CV Pilar Nusantara selaku rekanan pelaksana. "Kerja sama ini membuktikan, PT MDA tidak akan merugikan masyarakat. Justru, PT MDA menjanjikan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Sebab, anggaran yang digelontorkan PT MDA sangat banyak untuk pembangunan di Luwu, bahkan nilainya tidak sebanding jumlah retribusi pajak masyarakat selama 30 tahun," tandas Bupati Luwu dua periode itu. 


Peletakan batu pertama dan pengecoran secara simbolis di lokasi pembangunan Jembatan Lekkopini, dihadiri para kepala OPD Pemkab Luwu, di antaranya Irvan IV Inspektorat Luwu, DR Afif Hamka, juga nampak di tengah acara bersama undangan lainnya. (RLS/MUDZAKKAR DJABAL TIRA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top