ads

Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M

Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Kunjungan Komisi VII DPR-RI di kantor PT Vale di Makassar. 

MAKASSAR- Terkait proses divestasi saham PT Vale Indonesia ke PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID, Komisi VII DPR-RI, Rabu (20/3/2024), berkunjung ke kantor perwakilan PT Vale Indonesia Tbk di Makassar.


Ketua Komisi VII, Sugeng Suparwoto didampingi anggota Komisi VII lainnya, Rico Sia dan Rusda Mahmud, menyampaikan dukungan terhadap keberlanjutan konsep pertambangan sesuai prinsip Environment Social and Governance (ESG).


Rombongan Komisi VII ini diterima Presiden Direktur PT Vale, Febriany Eddy, beserta para direksi seperti Wakil Presiden Direktur, Adriansyah Chaniago, dan Direktur Keuangan, Bernardus Irmanto. Kunjungan ini, merupakan tindak lanjut divestasi saham PT Vale, 26 Februari 2024 lalu.


Diskusi yang dilakukan kali ini, khususnya mengenai langkah selanjutnya terkait visi keberlanjutan hingga isu-isu renewable energy.


"Kunjungan ini kita lakukan setelah MIND ID mengakuisisi saham Vale dan Sumitomo sebesar 14%, sehingga MIND ID menjadi pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan 34 persen. Sedangkan saham publik 20 persen, dan 46 persen masing-masing milik Vale Canada dan Sumitomo Metal Mining (SMM)," terang Sugeng Suparwoto.


Dengan divestasi tersebut, praktis komposisi direksi perusahaan akan berubah. Posisi direktur utama akan ditentukan oleh MIND ID, demikian halnya Komisaris Utama. Sedangkan posisi direktur yang menangani operasional, sustainability, ESG, serta posisi Wakil Komisaris akan ditentukan Vale Canada. Sugeng menjelaskan, kedatangan mereka untuk melihat langsung praktik pertambangan yang dijalankan PT Vale di Sorowako. 


Senada dengan Sugeng, anggota Komisi VII DPR RI lainnya, Rico Sia, menyampaikan dukungannya atas kesepakatan divestasi tersebut. "Dari awal kita tetap mendukung PT Vale. Untuk operasional, kita memang sepakat jangan dilepas (oleh PT Vale), dan oleh diberikan kesempatan kepada mereka apalagi yang punya niat-niat tertentu," tuturnya.


Sementara, Febriany Eddy menyampaikan terima kasih atas kunjungan Komisi VII DPR RI. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena mendapat dukungan dari DPR RI, khususnya untuk pertambangan berkelanjutan PT Vale. Dari pertemuan ini, DPR sepakat yang baik harus tetap dipertahankan bahkan harus lebih baik lagi. Kita fokus ke hilirisasi nilai tambah, berkelanjutan, dan terus meningkatkan komitmen kita. Kami mohon dukungan teman-teman semua bisa menjalankan dengan amanah, yang baik dan manfaat bagi banyak orang terutama bangsa negara," harap Febriany. (FAUSIAH WULANDARI HAFID)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top