ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Kadis Koperasi dan UKM Palopo, Asmuradi Budi.

PALOPO- Guna memacu peningkatan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sejumlah program strategis bakal dijalankan Dinas Koperasi dan UKM Palopo di 2022. 


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Palopo, Asmuradi Budi ST M.EnvMan, yang ditemui Koran Akselerasi, Kamis (6/1/2022), memaparkan untuk sektor UKM, ada dua program yang diusung oleh Diskop-UKM Palopo. 


Program yang pertama, papar Asmuradi Budi, yakni pemberdayaan usaha mikro, pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan dan koordinasi dengan pemangku kepentingan. 


"Melalui program tersebut, diharapkan tercipta sinergitas antara pelaku usaha dan lembaga pemerintah, seperti memfasilitasi kemudahan dalam perizinan, memfasilitasi sertifikasi atau Nomor Induk Berusaha (NIB), penggelar pelatihan, dan lain-lain," papar Asmuradi Budi. 


Kata dia, pendataan terhadap pelaku usaha sangat diperlukan. Karena, banyak manfaat yang bisa ditimbulkan, seperti contoh sangat memudahkan pemerintah apabila ada bantuan ke pelaku usaha yang akan diturunkan. Dengan melaksanakan pendataan, sertifikasi, maupun NIB, pemerintah tidak kesulitan lagi menyiapkan data yang valid terkait jumlah UKM yang ada di Palopo. 


"Dari program tadi, terdapat 5 sub kegiatan meliputi; pendataan potensi pengembangan usaha, pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro, fasilitas kemudahan perizinan mikro, pemberdayaan kelembagaan potensi usaha mikro, serta koordinasi dan sinkronisasi dengan pemangku kepentingan," terangnya. 


Untuk bantuan ke UKM sendiri, pihaknya masih menunggu kepastian anggaran baik dari APBD pokok Palopo, Pemprov Sulsel, dan Pemerintah Pusat. Rencananya, dari Pusat akan ada bantuan sertifikat halal secara gratis, di mana pendaftarannya bisa secara online. "Kita juga masih menunggu kebijakan pusat melalui fasilitas BPUM yang untuk tahun ini belum diketahui besaran nilainya," jelas Asmuradi Budi. 


Program kedua, lanjut mantan Sekretaris DPKAD Palopo itu, program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. "Kita harapkan, usaha kecil dan menengah di Palopo semakin tumbuh pesat," kunci Asmuradi Budi. (MUDZAKKAR DJABAL TIRA) 


About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top