ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Nurdin SH.

PROF Ahmad Ali pernah mengatakan bahwa, "Masyarakat kita, sedikit yang memahami hukum secara memadai. Oleh karena, pelajaran hukum tidak dipelajari sejak dini (SD, SMP dan SMA) melainkan hanya di perguruan tinggi, itupun pada fakultas hukum saja". 


Sejalan dengan apa yang Prof Satjipto Rahardjo pernah sampaikan, bahwa sedikit sekali jumlah orang-orang yang memeroleh pembelajaran hukum secara khusus, sehingga tahu persis apa yang harus dilakukannya pada saat berhadapan dengan hukum.


Kedua pandangan pakar hukum di atas, ingin memberitahukan kepada kita, bahwa dalam konteks hukum dan penegakannya, banyak diantaranya yang mengerti hukum tapi tidak paham. Itu disebabkan karena selain hanya mempelajari teori hukum saja, juga karena memang tidak secara khusus mempelajarinya. 


Akibatnya, kita cenderung berhukum dengan cara yang pragmatis atau instan. Ambil contoh sederhana, di jalan raya banyak dijumpai pengendara sepeda motor tidak mengenakan helm pengaman, bukan mereka tidak tahu atau tidak mengerti jika apa yang dilakukannya adalah merupakan bentuk pelanggaran UU. Akan tetapi, itu merupakan bentuk ketidakpahaman terhadap hukum. 


Ketidakpahaman terhadap hukum, akibat hanya berkutat pada teori saja dan tidak dipraktikkan. Menjalankan hukum bukan soal logika tapi juga pengalaman. Demikian kalimat O.W Holmes. Jadi, mereka yang paham hukum sudah pasti mengerti namun orang mengerti (hanya menguasai teori hukum saja) belum tentu semua dapat memahaminya. 


Sama halnya dengan pelajaran di sekolah dasar, diajarkan bagaimana cara berenang. Teorinya, ada gaya bebas, ada gaya dada, gaya punggung dan seterusnya. Akan tetapi, jika hanya mempelajari teorinya (menghafal gaya itu saja), tidak dipraktikkan di kolam renang, misalnya, tentu tidak akan menghasilkan sebagaimana apa yang diinginkan demikian halnya dalam berhukum. (****)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top