ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Pengukuhan relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Telluwanua.

PALOPO- Usai memukul gong sebagai tanda diresmikannya program Kampung Siaga Bencana (KSB), Sabtu (24/2/2024), di Lapangan Kelurahan Maroangin, Kecamatan Telluwanua, pada hari itu juga Pj Walikota Palopo, Asrul Sani SH MSi, selaku pembina apel mengukuhkan 60 relawan KSB Telluwanua. Acara peresmian KSB ini, dihadiri Direktur PSKBA Kemensos-RI, Muh Delmi SH, Kabid Linjamsos Dinsos Sulsel, Herman, dan jajaran Forkopimda.


Kadinsos Palopo, Zulkifi Halid, mengungkapkan KSB yang merupakan program Kemensos-RI memiliki peran strategis khususnya pada daerah rawan bencana. Luar biasanya, pembentukan KSB di Telluwanua Palopo merupakan yang pertama se Indonesia pada 2024. Artinya, Palopo menjadi pionir program KSB.


"Selain pencanangan KSB, kita juga melaunching kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), Dinsos melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) pusat, provinsi, dan kota menyebar ke sekolah-sekolah mengedukasi pelajar terkait kesiap-siagaan bencana, serta lumbung sosial yang menjadi bagian tak terpisahkan dari KSB," paparnya. 


Kabid Linjamsos Dinsos Sulsel, Herman, mewakili Kadinsos provinsi, menerangkan sebagai bentuk kesiap-siagaan terhadap bencana maka masyarakat perlu dibekali pengetahuan/keterampilan penanggulangan bencana lewat program KSB ini. 


Sementara, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Muh Delmi, menginformasikan pembentukan KSB di Telluwanua atas pertimbangan Palopo mempunyai kerentanan dan ancaman bencana cukup besar. Sehingga, diperlukan antisipasi dalam rangka mitigasi bencana hingga penanganan saat kejadian serta pasca bencana.


Pj Walikota, Asrul Sani, berharap adanya KSB membuat masyarakat Palopo belajar lebih jauh tentang mitigasi bencana termasuk cara penanganannya. Saat tiba di Palopo, persoalan bencana menjadi salah-satu fokus penanganan Pj Walikota, ia berterimakasih kepada Kemensos melalui Direktur PSKBA yang telah peduli terhadap mitigasi bencana dengan membentuk KSB di Palopo.


 Dalam kesempatan itu, Pj Walikota menyerahkan sertifikat kepada Ketua KSB Telluwanua, serta menyerahkan bantuan Kemensos RI dalam rangka kesiapsiagaan dan mitigasi bencana, selanjutkan Direktur PSKBA menyerahkan bantuan isi lumbung sosial Rp276.359.103 kepada Pj Walikota untuk dimanfaatkan KSB Telluwanua. (RLS/MUSAKKAR DJABAL TIRA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top