ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Massa AMARA Rampi saat berunjukrasa di Polda Sulsel.

MAKASSAR- Kian maraknya aktivitas tambang ilegal di Kecamatan Rampi yang belum tertangani dengan baik sampai saat ini, membuat ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Rakyat (AMARA) Rampi, berunjukrasa ke Polda Sulsel, Senin (8/5/2023). 


Jurubicara AMARA, Wiliam Marthom, menyampaikan beberapa poin tuntutan AMARA, yaitu mendesak Polda Sulsel mencopot Kapolres Lutra yang dinilai gagal memberantas mafia tambang di wilayah hukumnya. 


"Kami minta, copot Kapolres Lutra buntut maraknya Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukumnya, baru-baru ini tepatnya 3 Mei 2023 lalu, satu pekerja tambang ilegal di Rampi tewas dan satu pekerja lainnya koma di rumah sakit akibat tertimbun setelah galian tambangnya longsor di Desa Onondowa," cetus Wiliam Marthom. 


Persoalan tambang emas ilegal di Rampi sudah mencuat sejak 2018 silam, setahun terakhir aktivitas tambang emas ilegal di Rampi makin menjadi-jadi, di lain sisi upaya penegakan hukum sangat lemah di sana. Terbukti, hingga saat ini belum satupun pelakunya diproses hukum. Selain melanggar hukum, aktivitas tambang ilegal tersebut membahayakan warga sekitar. Adanya kecelakaan yang menimpa dua pekerja tambang ilegal tadi, menandakan bahwa tidak ada standar keselamatan yang diterapkan di sana. 


AMARA juga meminta Polda Sulsel segera memproses oknum-oknum aparat yang diduga terlibat, atau memback-up tambang emas ilegal di Rampi. "Kami tidak ingin ulah seorang oknum, malah merusak citra institusi Polri," pinta Wiliam Marthom. 


Jika persoalan tersebut tidak mampu ditangani Polda Sulsel, Wiliam Marthom berjanji akan membawa masalah ini ke tingkat Mabes Polri. Aspirasi AMARA, diterima Perwira Pengawas (PAWAS) Polda Sulsel, IPTU Kurniawan, dan PAWAS Propam Polda Sulsel, IPDA Astomo, di ruang Propam Polda Sulsel. Sekedar diketahui, AMARA Rampi sendiri merupakan gabungan beberapa simpul pergerakan rakyat dan mahasiswa di Makassar dan Luwu Raya, seperti KSN Sulsel, WALHI Sulsel, KPA Sulsel, Jurnal Celebes, LBH Makassar, GRM, FSPBI Sulsel, FSP Menang, FSP Tugasku, FSP Transindo, FSP Kobar, FSP Napas, FSP Pasti, PB-IPMR, PP-IPMS, dan DPP SRMD. (JHON LEE GEROSI/ABK)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top