ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Rakor/Bimtek peningkatan kapasitas PTPS se Kecamatan Bacukiki Barat. 

PAREPARE- Enam hari atau H-6 menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bacukiki Barat, Kota Parepare, kembali melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait peningkatan kapasitas petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Bacukiki Barat, Kamis (8/2/2024), di Balai Ainun Habibie Parepare.


Pada sambutannya di hadapan PTPS, anggota Bawaslu Parepare, Susilawati Muharram, mengingatkan agar fungsi pencegahan lebih diutamakan dalam pengawasan di TPS. 


"Kinerja PTPS bukan melakukan penindakan, tapi mencegah terjadinya pelanggaran, saat di lokasi TPS fungsi petugas PTPS melihat serta mengamati kinerja KPPS, kalau ada terjadi ketidaksesuaian dengan aturan perundang-undangan PTPS wajib mengkoordinasikan hal itu dengan KPPS, atau apabila ada indikasi pelanggaran PTPS mencatat temuannya di LHP," imbuh Susilawati. 


Dalam pengantarnya, mantan anggota Bawaslu Parepare dua periode, Sapriani Sudirman SH, yang bertindak sebagai pemateri meminta PTPS bersikap serius menghadapi rakor sekaligus bimbingan teknis yang hari ini berlangsung. Ia mengingatkan, tugas pokok PTPS yaitu mengawasi pelaksanaan Pemilu mulai proses pemungutan sampai penghitungan suara. 


"Untuk itu, dalam bimbingan teknis seluruh PTPS hendaknya fokus dan teliti bekerja, tugas PTPS bukan sekedar mengawasi KPPS, tetapi memastikan pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku," cetus Sapriani.


Dirinya menekankan kepada PTPS, pro aktif  bertanya kepada narasumber apabila ada yang tidak dipahami, khususnya diskusi seputar KPT KPU No: 66 tentang pedoman teknis pemungutan dan penghitungan suara, jangan sampai ada PTPS yang tidak becus menjalankan tugasnya. 


Sementara, Ketua Panwaslu Bacukiki Barat, Kardini, berharap agar PTPS dapat memetik hikmah dari materi yang disampaikan oleh narasumber yang dihadirkan, sehingga PTPS selaku ujung tombak pengawas Pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan benar dan lancar. 


"Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu sangat ditentukan kinerja pengawas di lapangan (PTPS, red), saya harapkan agar apabila di lapangan ditemukan pelanggaran agar cepat dilaporkan dan jangan didiamkan begitu saja, dalam beberapa hari ke depan kita segera memasuki masa tenang, oleh karena itu pengawasan mesti ditingkatkan lagi dan pesan saya kepada PTPS agar menjaga kesehatannya dengan baik," kunci Kardini. (FAHARUDDIN HAKIM)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top