ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Penulis, Nurdin SH.

PADA setiap tanggal 1 Juni, oleh bangsa Indonesia diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila dan dalam merayakannya, tentu tidak dibatasi hanya berada di lapangan upacara, berdiri lalu berbaris dengan rapi mendengar pembacaan teks Pancasila serta amanat inspektur upacara.


Untuk merayakannya, Anda bisa membagikan ucapan hari lahir Pancasila kepada teman-teman di media sosial. Misalnya, di status WA. Ucapan selamat tersebut dapat menjadi salah-satu bentuk untuk mengenang perjuangan pahlawan dalam merumuskan Pancasila dan rasa cinta kita terhadap tanah air.


Pancasila merupakan dasar atau landasan ideologi negara republik Indonesia. Peranan Pancasila sebagai dasar negara telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 


Dalam Pancasila terdapat nilai-nilai baik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hari lahir Pancasila juga dapat menjadi momentum untuk mengingatkan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku dan agama.


Seperti kita pahami bahwa Pancasila bukan merupakan ideologi agama akan tetapi pada setiap sila yang terdapat pada Pancasila tidak bertentangan dengan agama apapun yang ada di tanah air kita tercinta.


Bahkan dalam konteks relasi agama, dan negara. Kita telah sepakat, bahwa Pancasila sebagai dasar kesatuan negara republik Indonesia. Prof Abdul Mustaqim mengatakan, bahwa Pancasila mampu menjadi katalisator untuk merawat kebhinekaan.


Di situlah nampak dengan jelas kecerdasan dan kearifan para pendiri bangsa ini. Oleh sebab itu, jangan ada upaya untuk  mengganti dasar negara Pancasila dengan sistem lainnya sebab itu dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa yang sejak dulu terjalin dengan baik.


Untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa agar terus menerus merawat kebhinekaan itu di bawah dasar negara kita, Pancasila. Jangan hanya di posting di dunia Maya. Seperti di status WA namun nihil dalam mengaplikasikannya di dunia nyata. Selamat hari lahir Pancasila, jayalah selalu bangsaku.(****)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top