ads

Slider[Style1]

Politik

Metro

Hukum

Daerah

Olahraga


PALOPO- Program "Gerakan Cinta Zakat" yang dicanangkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palopo, Senin (3/5/2021), menuai respons positif dari Walikota Palopo, HM Judas Amir. Dengan pencanangan "Gerakan Cinta Zakat" ini, diharapkan meningkatkan gairah masyarakat menyalurkan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal. 

Kepala BAZNAS Palopo, Drs H Muchtar Basir MM, mengutarakan sesuai syariat Islam zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan setiap Muslim untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, penyalurannya bisa melalui BAZNAS selaku lembaga yang dibentuk pemerintah pusat menangani serta mengelola penyaluran zakat, infaq, dan sedekah melalui unit pengumpul zakat di Masjid-masjid. "Di bulan suci Ramadhan tahun ini, BAZNAS Palopo akan menyalurkan bingkisan Lebaran Idul Fitri sebanyak 823 paket serta 1.500 paket bingkisan per kelurahan juga ikut didistribusikan kepada para Mustahik sesuai usulan dari tiap kelurahan," ujar Muchtar Basir. 

Sementara itu, Kepala Kemenag Palopo, Dr HM Rusydi Hasyim MAg, mengemukakan tujuan dari penandatanganan kerja sama program "Gerakan Cinta Zakat" tersebut agar penerimaan/pengelolaan zakat khususnya zakat fitrah semakin optimal. 

Terkait optimalisasi zakat, Walikota Palopo, HM Judas Amir, mengapresiasi lahirnya "Gerakan Cinta Zakat" ini, hanya saja untuk ke depan BAZNAS disarankan membuat database dengan melaksanakan kerjasama lintas sektoral dengan Dinas Dukcapil dan lurah. Sehingga data yang dimiliki BAZNAS semakin valid, misalnya jika ada warga yang meninggal dunia datanya bisa langsung dicoret, sebaliknya apabila ada warga baru yang datang, identitasnya bisa langsung dicatat ke kolom database. 

"Gerakan Cinta Zakat ini harus kita informasikan secara luas, sehingga masyarakat timbul kecintannya untuk membayar zakat, olehnya itu kita harus memberikan contoh dalam meningkatkan kesadaran menunaikan zakat," harap Walikota. 

Acara pencanangan "Gerakan Cinta Zakat" ini diwarnai penyerahan simbolis bingkisan bahan kebutuhan pokok kepada petugas kebersihan, juga digelar penandatanganan MoU antara Kemenag dan BAZNAS. Acara ini dihadiri Sekda Palopo, Firmanza DP, Ketua TP-PKK, dr Hj Utia Sari Judas M.Kes, unsur Forkopimda, Ketua PA, Muh Gazali Yusuf SAg, para pimpinan OPD Pemkot, pengurus MUI, Pimpinan Cabang Banksulselbar Palopo, Ruslan, Rektor IAIN, Abd Pirol, dan undangan lainnya. (MUDZAKKAR DJABAL TIRA) 



About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top