ads

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Pemda Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
BPS Kabupaten Morowali

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M
Kodim 1311/Morowali

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Rapat paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi ke-22 Kota Palopo.

PALOPO- Peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palopo ke-22, Senin (29/4/2024), ditandai pelaksanaan sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Palopo, DR Hj Nurhaenih S.Kep M.Kes, didampingi Wakil Ketua I, Abdul Salam SH, dan Wakil Ketua II, Irvan ST. Rapat ini, diikuti seluruh anggota dewan yang berjumlah 25 orang.


Hadir dalam momen bersejarah itu, Pj Gubernur Sulsel, Dr Bahtiar Baharuddin, beserta Kapolda, Irjen (Pol) Andi Rian R Djajadi SIk MH, anggota DPRD Sulsel, Ir Irwan Hamid, Fadriaty AS ST MM, Drs Marjono, Drs HA Hatta Marakarma MP, Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani, Kadinkes Sulsel, DR dr HM Ishaq Iskandar M.Kes, Sekda Palopo, Drs H Firmanza DP SH MSi, Kedatuan Luwu, diwakili Cenning Luwu, Andi Sitti Huzaimah Macklulau Opu Dg Ri Pajung, dan pimpinan OPD/BUMD se Palopo. 


Acara diawali pembacaan sejarah singkat Palopo yang dibawakan anggota DPRD, Drs Baharman Supri MM. Sementara itu, Pj Walikota Palopo, Asrul Sani SH MSi, dalam sambutannya menyampaikan HUT Palopo ke-22 sebenarnya jatuh tanggal 10 April, hanya saja karena waktunya bertepatan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, maka puncak pelaksanaannya ditunda sampai hari ini. 


"Sejumlah kegiatan telah digelar untuk memeriahkan HUT Palopo ke-22, seperti Palopo Fruit Fiesta di Kampung Wisata Kambo, Ramadan Fest, Festival Anak Saleh, Kejurnas Oneprix putaran 1 di Sirkuit Ratona, lomba sepeda gunung Enduro Walikota Cup 2024, FGD tematik dan survei jenema atau branding kota, lomba olahraga tradisional antar OPD, prosesi adat Mappacekke Wanua, dzikir dan doa bersama, pasar murah, pasar rakyat, dan pentas seni/musik, kita juga melaksanakan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba," tuturnya.


Sesuai tema HUT kota yang diangkat "Palopota Berdaya Saing Global" pihaknya optimistis Palopo dengan segala potensinya dapat membawa perkembangan di bidang ekonomi maupun sosial kemasyarakatan. Beberapa tugas penting dalam irama keberlanjutan juga sukses dilaksanakan Pemkot Palopo, antar lain Pemilu 2024 (Pilpres/Pileg) berlangsung aman dan lancar, hingga terciptanya sinergitas Pemkot dan Pemprov khususnya akses keuangan, bantuan sosial, bantuan bibit ternak dan pertanian, pelibatan proyek fisik, dan optimalisasi forum CSR.


Pemkot Palopo mampu mengurangi pengangguran disertai menurunnya angka kemiskinan, inflasi di Palopo sangat rendah mencapai 0,90%. Pihaknya juga mendorong kemajuan investor sektor pertanian dan kampung wisata, termasuk optimalisasi pelayanan publik terkait perizinan yang ramah dan cepat. Asrul Sani menuturkan, sekalipun ia baru 7 bulan menjabat Pj, HUT Palopo ke-22 tetap memiliki makna tersendiri bagi dirinya. Kegiatan HUT Palopo ini telah mencerminkan karakter Palopo sebagai kota yang religius dan berbudaya (Patuppui Ri Ade'e Passanrei Ri Sara'e) membuat daerah ini mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan globalisasi. 


Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memuji tradisi Mappacekke Wanua yang digelar pada HUT Palopo tahun ini, Pj Gubernur menilai Palopo akan semakin maju apabila panjang landasan pacu bandara ditambah menjadi 3000 meter dan kawasan pelabuhan dikembangkan agar menunjang aktivitas ekspor. "Salah-satu yang menjadi PR bagi kita bersama, bagaimana mengatasi banjir di Palopo," tukasnya. 


Ditemui usai mengikuti paripurna HUT Palopo, Kapolda Sulsel, Irjen (Pol) Andi Rian R Djajadi, terkesan dengan suasana Palopo yang baru pertama kali ia kunjungi, Kapolda mendoakan Palopo ke depan dapat menjadi kota berdaya saing global, ia tak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap warga Palopo yang telah menyukseskan Pileg/Pilpres 2024 yang aman dan damai. Kapolda berharap, stabilitas tersebut berlanjut di Pilkada Serentak nanti. (MUSAKKAR DJABAL TIRA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top