ads

Iklan Marhaban Ya Ramadhan 1445 H

Iklan Marhaban Ya Ramadhan 1445 H
RSUD Sawerigading Palopo

Marhaban Ya Ramadhan 1445 H

Marhaban Ya Ramadhan 1445 H
Pemkab Morowali

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

TGB Muhammad Zainul Majdi hadir membawakan kuliah umum di IAIN Palopo.

PALOPO- Dalam kunjungannya di Kota Palopo, Rabu (8/6/2022), mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Dr Muhammad Zainul Majdi LC MA, menyempatkan diri membawakan kuliah umum di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, di sana ia disambut penuh antusias mahasiswa. 


Kuliah umum TGB Muhammad Zainul Majdi membahas persoalan pembangunan ekosistem ekonomi syariah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. 


Cucu pendiri Ormas Islam terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan (NW) ini mengulas transaksi ekonomi dari sudut pandang agama Islam. Menurutnya, umat Islam selain mengkaji hukum ibadah juga harus bisa belajar hukum ekonomi secara serius. 


"Masalah akidah tidak bisa diutak-atik, masalah ibadah sudah lengkap, tetapi masalah muamalah/ekonomi terbuka ruang kreatif yang amat luas," papar mantan Rektor Institut Agama Islam Hamzanwadi itu.


Dikatakan TGB, Indonesia bakal segera memiliki sejumlah undang-undang ekonomi syariah, UU wakaf, UU zakat, dll, sehingga peluang membangun ekonomi syariah ke depan semakin terbuka lebar, di mana pembangunan ekonomi harus berjalan secara berkeadilan. 


Sementara, Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol MAg, menjelaskan di hadapan TGB bahwa Palopo merupakan bagian dari Tana Luwu, agama Islam pertama kali dibawakan oleh ulama Datok Sulaeman. Ia menambahkan, Palopo juga kerap disebut sebagai Indonesia mini, karena di dalamnya dihuni bermacam-macam suku besar yang ada di Indonesia dengan penganut agama yang berbeda-beda pula. "Kendati demikian, warga Palopo tetap hidup rukun dan harmonis," terang Profesor Komunikasi itu seraya berharap agenda TGB di Luwu Raya berjalan sukses dan senantiasa dilancarkan kesehatannya. (RLS)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top